Senin, 27 Oktober 2014

MITOS BURUNG GARUDA

1


Kita sebagai bangsa Indonesia pasti tau kan tentang lambang negara kita yaitu BURUNG GARUDA? pernah ga sih kalian bertanya tanya apakah burung garuda itu benar benar ada dalam satwa atau hanya dongeng semata?  nah disini saya akan berbagi informasi seputar BURUNG GARUDA


Apakah Burung Garuda Memang Benar Ada?


Garuda (Sanskerta: Garuḍa dan Bahasa Pāli Garula) adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.
Kisah Garuda terdapat dalam kitab Mahabharata dan Purana yang berasal dari India. Bangsa Jepang juga mengenal makhluk mirip Garuda, yang mereka sebut Karura. Di Thailand disebut sebagai Krut atau Pha Krut. Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kaśyapa dan Winatā, salah seorang putri Dakṣa.
 Ia musuh bebuyutan para ular, sebuah sifat yang diwarisinya dari ibunya, yang pernah bertengkar dengan sesama istri dan atasannya, yaitu Kadru, ibu para ular.

Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya. Garuda seringkali dilukiskan memiliki kepala,sayap, ekor dan moncong burung elang, dan tubuh, tangan dan kaki seorang manusia.
Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan.
Ia memiliki putera bernama Sempati (Sampāti) dan istrinya adalah Unnati atau Wināyakā. Menurut kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kebebasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum brahmana. Suatu ketika, ia menelan seorang brahmana dan istrinya.
Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia muntahkan lagi.
Garuda dikatakan pernah mencuri amerta dari para dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkeraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur hebatdengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak. (Wikipedia)
Karena semua yang ada di kitab-kitab itu biasanya terinspirasi dari benda-benda nyata. Sama seperti tokoh wayang, fiktif semua, tapi sebenarnya idenya dari sosok manusia yang nyata. Jadi benar tidak, burung garudaitu rajawali atau elang jawa?
Manuk Dadali di sunda (atau bahasa kerennya falcon) bukan garuda. Elang Jawa juga bukan garuda, tapi rajawali.
Burung garuda di dunia cuma ada 7 jenis. Yaitu:
-Garuda Harpy (Harpy artinya dewi badai) di Amerika Selatan ada 4 jenis.
-Garuda Pemangsa Monyet di Philipina dan
-Garuda Pemangsa Kanguru di Irian atau Papua Barat dan Papua Nugini.
-GarudaHaast (Harpgornis morei) yang terbesar, pemangsa burung Moa dan suka mamangsa manusia dari suku maori di New Zealand.
Garuda yang ini, ’baru saja’ musnah sekitar 1.000 tahun yang lalu. “Hokioi” demikian orang Maori menyebut Garuda New Zealand.
Garuda Haast bisa jadi merupakan burung terbesar yang pernah hidup, dengan rentang sayap mencapai 8-10 kaki (sedangkan Elang Emas betina (Golden Eagle) memiliki rentang sayap 8 kaki) dengan berat 33 pon atau sekitar 16 kg.
Nah….
Banyak yang berpendapat kalau lambang negara kita sebenarnya adalah elang jawa….
Elang Jawa atau dalam nama ilmiahnya Spizaetus bartelsi adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html