Senin, 23 November 2015

KESENJANGAN SOSIAL YANG TERJADI DI ANTARA MASYARAKAT PERKOTAAN DAN PEDESAAN

2


TUGAS ILMU SOSIAL DASAR
 

Dari sector pendidikan di Indonesia.

Banyak kesenjangan yang terjadi antara masyarakat perkotaan dan pedesaan, salah satunya dari segi fasilitas.Fasilitas sangat di perlukan untuk kenyamanan para siswa di saat belajar seperti perpustakaan, laboratorium IPA,buku buku dan lain lain. Fasilitas di pendidikan di daerah perkotaan sudah cukup baik karna memiliki aspek-aspek tersebut, lalu bagaimana dengan masyarakat di daerah pedesaan? Fasilitas pendidikan di daerah pedesaan saat ini masih di bilang kurang baik. Dikarenakan kurang pemerintah dalam menanggapi masyarakat pedesaan yang berada jauh dari pusatkota. Hal ini bias di lihat dari bangunan dan gedung gedung sekolah yang ada di pedesaan yang masih sangat jauh dari kota.
                Selain dari segi fasilitas, kesenjangan yang terjadi di antara masyarakat pedesaan dan perkotaan di sector pendidikan adalah sumber daya manusianya yaitu guru. Guru sangat berperan penting dalam pendidikan, maka dari itu di perlukan guru yang hebat agar menciptakan murid yang hebat pula. Di perkotaan, semua guru bias di bilang cukup baik, dikarenakan mereka berasal dari perguruan tinggi ternama di Indonesia dan juga jumlahnya cukupbanyak, mereka juga merek amendapatkan gaji dan tunjangan yang setimpal. Sedangkan di daerah pedesaan, guru di gaji sangat kecil sehingga profesi menjadi guru di anggap tidak menguntungkan, hal ini menyebabkan sedikitnya orang yang berprofesi menjadi guru di pedesaan.

 Mengapa hal ini terjadi

Hal ini di karenakan kurangnya kesadaran masyarakat pedesaan akan pentingnya pendidikan dan juga perhatian pemerintah yang hanya memngembangkan fasilitas pendidikan pada pusat perkotaan,sehingga masyarakat pedesaan kurang diperhatikan dan tidak mendapat haknya sebagai warga negara Indonesia. Kemudian selain dari padai tu factor geografis juga menjadi salah satua lasan kenapa kesenjangan ini terjadi, sulitnya akses jalan kepedesaan menyebabkan pemerintah sulit menjangkau dan mengetahui informasi tentang perkembangan pada masyarakat pedesaan.

Penyebabnya

Hal ini menyebabkan sumber daya manusia di masyarakat pedesaan sulit berkembang sehingga banyak dari mereka masih hidup sederhana atau pun kekurangan.


Soslusi dari masalah ini

Perlunya perhatian pemerintah dalam ha lmembangun sarana dan prasarana yang  mumpuni agar menimbulkan kesadaran bagi masyarakat pedesaan agar  termotivasi untuk belajar sehingga dapat menjadi sumber daya manusia yang cerdas dan berkembang. Kemudian perlunya kesadaran masyaraka pedesaan akan pentingnya berpendidikan bagi kelangsungan hidup mereka.

2 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html