Senin, 07 Desember 2015

DESKRIMINASI DAN PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI DI BIDANG ILMU SASTRA

0

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR


1.     Deskriminasi

Deskriminasi adalah perlakuan atau pelayanan yang tidak adil kepada suatu individu,golongan atau kelompok tertentu yang tidak memenuhi karakteristik yang dimiliki oleh individu,golongan atau kelompok tersebut.

Deskriminasi ini dapat di bagi menjadi dua macam, yaitu deskriminasi langsung dan tak langsung.


a.       Deskriminasi langsung

terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.


b.       Deskriminasi tak langsung

terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.


Mengapa Deskriminasi terjadi belakangan ini?


Menurut pendapat saya penyebab adanya deskriminasi saat ini adalah karena adanya suatu individu atau golongan yang merasa lebih hebat di karenakan mereka adalah kaum mayoritas ( suku, budaya, agama, ras, jenis kelamin dll.) atau memiliki kekayaan atau pengetahuan yang lebih, sehingga mereka merasa adanya perbedaan latar belakang dan menutup diri dari golongan lain yang tidak memiliki karakteristik yang sama.


Contoh kasus deskriminasi yang terjadi di Indonesia


Diskriminasi yang terjadi di Indonesia contohnya adalah diskriminasi terhadap kaum keturunan Tionghoa atau keturunan cina. Diskriminasi dan kekerasan terhadap orang-orang keturunan Tionghoa di Indonesia telah dicatat setidaknya sejak tahun 1740, ketika Pemerintah Kolonial Belanda membunuh sampai dengan 10.000 orang keturunan Tionghoa selama peristiwa Geger Pacinan. Sejak saat itu, diskriminasi dan kekerasan telah dicatat baik oleh pemerintah asing dan Indonesia. Kejadian terburuk terjadi pada tahun 1998, ketika ratusan orang Tionghoa tewas dan puluhan lainnya diperkosa selama kerusuhan Mei 1998

Diskriminasi dapat mengambil bentuk kekerasan, diksi atau penggunaan bahasa, dan undang-undang yang sangat membatasi. Karena diskriminasi ini, Tionghoa-Indonesia telah mengalami krisis identitas, tidak dapat diterima oleh Cina dan penduduk Indonesia asli.



2.     PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ILMU SASTRA


Sastra cyber


Sastra cyber adalah aktivitas sastra yang memanfaatkan fasilitas komputer dan internet, yang dapat dikatakan suatu revolusi, sekaligus transformasi dalam dunia sastra. Sebelum dikenal sastra siber, publikasi karya sastra sebenarnya sudah memanfaatkan teknologi yang ada. Kita   mengenalnya dengan sebutan sastra koran, sastra majalah, atau    sastra buku, yang menggunakan koran, majalah, atau buku sebagai media penyebarannya.  


Sumber : http://kbbi.web.id/diskriminasi


http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/1527

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html