Senin, 12 Oktober 2015

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR

0

Pengertian Individu
          
Individu adalah suatu makhluk hidup yang berjumlah satu, namun dalam konteks ini individu yang di maksud adalah individu dalam perseorangan. Berarti individu adalah seseorang yang berdiri sendiri.

Factor yang mempengaruhi pertumbuhan individu

1.      Factor biologis

Setiap mansia pasti akan tumbuh dan berkembang (kecuali yang memiliki kelainan) dan dalam factor biologis ini pertumbuhan individu dapat dilihat dari fisiknya, seperti bertambahnya tinggi badan,berat,munculnya rambut pada daerah daerah tertentu dan lain lain.

2.      Factor geografis/lingkungan.

Lingkungan sangat berperan dalam pertumbuhan individu karena lingkungan salahsatu factor yang mempengaruhi pertumbuhan individu, lingkungan yang baik akan berdampak baik pula dengan individunya dan bila lingkungannya buruk maka akan berdampak buruk pula bagi individunya.

3.      Factor kebudayaan

Kebudayaan dapat mempengaruhi setiap individunya,karenaSetiap individu pasti memliki kebudayaan yang berbeda, oleh sebab itu dibutuhkan pendekatan agar setiap individu dapat berkerjasama dengan baik agar dapat terciptanya hubungan yang baik antar individu.

Pengertian keluarga

Keluarga terbentuk karena adanya individu individu yang memiliki ikatan pernikahan,kelarihan atau adopsi yang bertujuan untuk mempertahanka budaya, meningkatkan perkembangan fisik,mental dan emosional.

Macam macam funfsi keluarga
1.      Fungsi keagamaan
dalam islam di sunahkan untuk menikah dan menjalin ikatan kekeluragaan

2.      Fungsi biologis
setiap manusia membutukan sex sebagai kebutuhannya maka dari itu pernikahan dapat menjadi solusi untuk merealisasikan kebutuhan tersebut secara sah dan halal

3.      Fungsi melindungi
setiap anggota keluarga wajib melindungi satu sama lain demi menjaga persatuan dan kesatuan antar anggota keluarga

4.      Fungsi reproduksi
fungsi reproduksi di butuhkan untuk melanjutkan generasi dan budaya pada setiap keluarga

5.      Fungsi social Keluarga memberikan bekal dengan memperkenalkan nilai-nilai dan sikap-sikap yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan-peranan yang diharapkan akan mereka jalankan kelak bila mereka sudah dewasa.

6.      Fungsi pendidikan
untuk memberi pendidikn kepada si anak agar masa depannya baik

7.      Fungsi ekonomi
sebuah keluarga bergotong royong untuk mencari pendatan agar memenuhi kebutuhan sehari hari


Hubungan individu dengan keluarga

Setiap individu pasti memiliki keluarga mereka saling berhubungan satu sama lain karena keluarga adalah kesatuan dari individu individu yang memiliki ikatan darah,ikatan pernikahan atau tali persaudaraan.setiap individu yang ada didalam keluarga memiliki tugasnya dan posisinya masing masing, seperti ayah yang menafkahi keluarganya, ibu yang menyiapkan segala kebutuhan anaknya, dan anak yang berperan sebagai pelengkap keluarga dan menjadi penerus untuk generasi berikutnya.

Hubungan individu dan masyarakat

Masyarakat adalah sekumpulan individu individu yang hidup didaerah yang lingkupnya luas. Berbeda dengan keluarga,hubungan individu dengan masyarakat tidak di dasarkan oleh ikatan kelahiran atau pernikahan, melainkan iktan kedaerahan.setiap individu dan masyarakat memiliki haknya masing masing, hak individu di tentukan oleh individu itu sendiri, sedangkan hak mayarakat di tentukan oleh individu individu yang memiliki tujuan yang sama seperti gtong royong dan lain lain.
 Sumber :
LKS Sosiologi kelas X tahun 2011

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/bab3individu_keluarga_dan_masyarakat.pdf


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html